Stadion Gunung Lengis Gresik untuk Asian Games 2019

Stadion Gunung Lengis milik Pemkab Gresik, dipastikan akan dijadikan salah satu venue andalan dalam pesta olah raga Asian Games 2019. Dalam pesta olah raga tingkat asia itu, Indonesia dipastikan menjadi tuan rumah dengan Jawa Timur sebagai tempat penyelenggaraan sejumlah event olah raga.

Untuk memastikan kesiapan tersebut, Kementerian Pemuda dan Olahraga mengirim Prof Hari Setiono untuk mencek calon lahan stadion Gunung Lengis, Selasa (14/2/2012). Prof. Hari Setiono diterima oleh Bupati Sambari, Wakil Bupati HM Qosim, Sekda serta beberapa pejabat Pemkab Gresik di ruang Graita Eka Praja. Selain unsur Pemkab Gresik turut menerima yaitu perwakilan dari PT Petrokimia Gresik serta dari REI Jawa Timur.

Menurut Hari Setiono, bila Indonesia sudah ditentukan menjadi tuan rumah Asian Games. Pembangunan venues-venues ini segera dimulai. “Sudah dapat dipastikan penyelenggaraan Asian Games ini ada di Jawa Timur. Rupanya Kabupaten Gresik yang paling siap dalam memulai start sebagai tuan rumah” ujar mantan dosen IKIP Surabaya (Unesa).

Pernyataan Hari Setiono tentang kesiapan Gresik ini sangat beralasan, mengingat sebentar lagi Gresik memulai pembangunan stadion International Gunung Lengis yang berkapasitas 40 ribu  – 60 ribu penonton. Untuk membangun stadion tipe A seluas 11 ha ini, pemkab menganggarkan Rp 230 miliar dengan pembangunan sistem multi years.  Stadion ini, selain untuk sepak bola juga bisa dipakai lomba atletik. Karena bakal dilengkapi dengan 8 track lari 800 m, dan 4 track lari 400 m.

Kabupaten Gresik juga memiliki beberapa vasilitas olahraga lain, yang sering dipakai pada event nasional maupun international. Stadion Petrokimia misalnya, stadion berkapasitas 25 ribu penonton selama ini dipakai sebagai sarana pertandingan Liga Super Indonesia (LSI).

Bupati Sambari menyatakan, beberapa fasilitas lain sebagai pendukung pelaksanaan pertandingan olahraga se Asia ini antara lain sarana olahraga di Sidayu, fasilitas olah raga yang bakal di bangun di kota baru Gresik Selatan, serta lahan di sekitar Klinik Konsultasi Bisnis (KKB) yang bakal dibangun sebagai fasilitas olah raga renang standard International.

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s